8 Tokoh Yang Berkontribusi di Dunia Matematika

Dunia matematika – Berikut ini akan saya sajikan “8 Tokoh Yang Ikut Berkontribusi Dalam Dunia Matematika” terlebih khususnya dibidang matematika.

Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi

 
Khwarizm dikenal sebagai orang yang memperkenalkankonsep algoritma dalam matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya. al-Khwarizmi juga adalah penemu dari beberapa cabang ilmu matematika yang dikenal sebagai astronom dan geografer. Ia adalah salah satu ilmuwan matematika terbesat yang pernah ada, dan tulisan-tulisannya sangat berpengaruh pada zamannya. Teori aljabar juga adalah penemuan dan buah pikiran al-Khwarizmi.
 
Dalam bukunya al-Khwarizmi memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol) yang dalam bahasa Arab disebut sifr. Sebelum al-Khwarizmi memperkenalkan angka nol, para ilmuan mempergunakan abakus semacam daftar yang menunjukkan satuan, puluhan, ribuan dan seterusnya untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan.



Thales (624-550 SM)

Mathematics
Thales disebut matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi, dimana tradisi ini menjadi lebih jelas setelah dijabarkan oleh Euclid. Landasan matematika sebagai ilmu terapan rupanya sudah diletakan oleh Thales sebelum muncul Pythagoras yang membuat bilangan.
 
 
 
 
 
 

Pythagoras (582-496 SM)

Mathematics
Pythagoras adalah orang yang pertama kali mencetuskan aksioma-aksioma, postulat yang perlu dijabarkan terlebih dahulu dalam mengembangkan geometri. Pythagoras bukan orang yang menemukan suatu teorema Pythagoras namun dia berhasil membuat pembuktian matematis. Persaudaraan Pythagoras menemukan akar 2 sebagai bilangan irrasional.
 
 
 

Socrates (427-347 SM)

Mathematics
Socrates merupakan seorang filosofi besar dari Yunani. Dia juga menjadi pencipta ajaran serba cita, karena itu filosofinya dinamakan idealisme. Ajarannya lahir karena pergaulannya dengan kaum sofis. Plato merupakan ahli pikir pertama yang menerima paham adanya alam bukan benda.
 
 
 
 
 
 

Euclides (325-265 SM)

Mathematics
Euclides disebut “Bapak Geometri” karena menemukan teori bilangan dan geometri. Subjek-subjek yang dibahas adalah bentuk-bentuk, teorema Pythagoras, persamaan dalam aljabar, lingkaran, tangen, geometri ruang, teori proporsi dan lain-lain. Alat-alat temuan Euclides antara lain mistar dan jangka.
 
 
 
 
 
 

Archimedes (287-212 SM)

Mathematics
Archimedes mengaplikasikan prinsip fisika dan matematika. Dan juga menemukan perhitungan pi dalam menghitung luas lingkaran. Ia adalah ahli matematika terbesar sepanjang zaman dan di zaman kuno. Tiga karya Archimedes membahas geometri bidang datar, yaitu pengukuran lingkaran, kuadratur dari parabola dan spiral.
 
 
 
 
 
 
 

Appolonius (262-190 SM)

Mathematics
Konsepnya mengenai parabola, hiperbola, dan elips banyak memberi sumbangan bagi astronomi modern. Ia merupakan seorang matematikawan yang ahli dalam geometri. Teorema Appolonius menghubungkan beberapa unsur dalam segitiga.
 
 
 
 
 
 
 

Diophantus (250-200 SM)

Mathematics
Ia merupakan “Bapak Aljabar” bagi Babilonia yang mengembangkan konsep-konsep aljabar Babilonia. Seorang matematikawan Yunani yang bermukim di Iskandaria. Karya besar Diophsntus berupa buku aritmatika, buku karangan pertama tentang sistem aljabar. Bagian yang terpelihara dari aritmatika Diophantus berisi pemecahan kira-kira 130 soal yang menghasilkan persamaan-persamaan tingkat pertama.
 
 
Demikian delapan tokoh matematikawan terbesar sepanjang masa. Ingin tahu lebih lengkap filosofi dari matematika klik disini
 

sheetmath

Tinggalkan Balasan

Kembali ke atas