Rumus Luas dan Keliling Layang Layang

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai rumus untuk mencari luas dan keliling layang layang. Dalam kehidupan sehari-hari, benda yang seperti bangun datar layang-layang adalah mainan layang-layang. Apakah Gengs pernah main layang-layang? Atau mungkin bermain layang-layang adalah kebiasaan Gengs? Bermain layang-layang itu memang sangat mengasyikan bukann!!!!!

Apa pengertian layang-layang secara matematika?

Layang-layang merupakan salah satu bangun datar segi empat. Bangun datar ini mempunyai 4 sisi dengan masing-masing 2 pasang sisi yang sama panjang. Kita sebut saja 4 sisi tersebut yaitu s1, s1, s2 dan s2 sedangkan 2 sisi yang sama panjang kita sebut dengan d1 dan d2. Layang-layang pun mempunyai sepasang sudut yang sama besar. Untuk lebih jelasnya Gengs dipersilahkan melihat gambar di bawah ini.
Rumus luas layang-layang
Coba Gengs perhatikan gambar layang-layang di atas. Setelah Gengs memperhatikan gambar di atas Gengs akan melihat sisi layang-layang yang masing-masing diberi tanda  s1 dan s2. Sisi s1 dan s2 masing-masing memiliki pasangan yang panjangnya sama. Sedangkan d1 dan d2 adalah diagonal dari bangun layang-layang di atas, dimana d1 disebut diagonal vertikal sedang d2 disebut diagonal horizontal.
Untuk menghitung luas dan keliling layang-layang kita akan memerlukan rumus. Silahkan Gengs simak rumus luas dan keliling layang-layang berikut ini :
 
Rumus Luas Layang-layang
Untuk menghitung luas dari bangun layang-layang, yang kita butuhkan yaitu diagonal vertikal dan diagonal horizontal dari bangun layang-layang.
Mathematics
Keterangan : d1 adalah diagonal vertikal
                      d2 adalah diagonal horizontal
 
Rumus Keliling Layang-layang
Keliling bangun layang-layang dapat dengan mudah kita peroleh dengan menjumlahkan panjang semua sisi-sisinya. Dengan demikian, rumus keliling dari layang layang adalah :
Mathematics

Keterangan : s1 adalah sisi 1

s2 adalah sisi 2

Contoh Mencari Luas Layang-Layang

Sebuah layang-layang memiliki diagonal yang masing-masing panjangnya 4 cm dan 8 cm. Berapakah luas layang-layang tersebut?

Pembahasan
Diketahui:
d1= 4 cm
d2 = 8 cm
Ditanya: Luas layang-layang???
Jawab:
Luas = ½ x d1 x d2
Luas = ½ x 4 cm x 8 cm
Luas = 16 \(cm^2\)
Jadi luas layang-layang tersebut adalah 16 \(cm^2\)
 
Contoh Mencari Keliling Layang Layang 
Jika di ketahui sebuah layang-layang mempunyai panjang   s1 = 10cm dan s2 = 15 cm. Hitunglah berapa keliling dari layang-layang tersebut.
Pembahasan
Diketahui:
S1=10 cm
S2 = 15 cm
Ditanya: Keliling layang-layang???
Jawab:
K = 2(s1 + s2)
    = 2( 10 cm + 15 cm )
    = 2( 25 cm)
    = 50 cm
Jadi keliling dari layang-layang tersebut adalah 50 cm.
 
Rumus Mencari Diagonal Layang-layang
Kita dengan mudah dapat mencari nilai diagonal suatu bangun layang-layang apabila nilai luas layang-layang tersebut telah diketahui sebelumnya.

Sebelumnya kita tahu bahwa rumus luas layang-layang adalah:
L = ½ x d1 x d2
Misalkan luasnya telah diketahui bernilai 100 \(cm^2\)
maka,
100 = ½  x d1 x d2
d1 x d2 = 200
Dengan demikian kita akan mengetahui bahwa:
d1 = 200/d2  atau d2 = 200/d1

Bagaiman menurut Gengs, mudah nggak? Demikian rumus luas dan keliling layang-layang yang dapat saya berikan. Jangan lupa untuk banyak berlatih soal latihan.
Semoga Bermanfaat

sheetmath

Tinggalkan Balasan

Kembali ke atas