Materi Matematika Kelas 6 Tentang Lingkaran

Materi Matematika Kelas 6 – Lingkaran merupakan bangun datar yang memiliki beberapa unsur diantaranya titik pusat dan jari-jari. Lingkaran juga memiliki keliling dan luas. Sebelum kita mempelajari rumus luas dan keliling lingkaran, pertama-tama mari kita pelajari unsur-unsur yang terdapat pada lingkaran.

UNSUR UNSUR LINGKARAN
Lingkaran memiliki unsur-unsur diantaranya titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng dan juring. Agar lebih jelas lagi, perhatikan gambar di bawah ini.

Titik pusat lingkaran adalah titik yang terletak tepat di Tengah lingkaran. Pada gambar di atas, titik pusat lingkaran adalah titik O. Nama lingkaran disesuaikan dengan nama titik pusatnya, sehingga lingkaran tersebut dinamakan lingkaran O.
Jari-jari lingkaran adalah ruas garis lurus yang menghubungkan titik pusat lingkaran ke tepi lengkung lingkaran. Jari-jari pada lingkaran O di atas adalah OA dan OB. Panjang OA sama dengan panjang OB.
Diameter lingkaran adalah ruas garis lurus yang menghubungkan dua titik pada tepi lengkung lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran. Diameter pada lingkaran O di atas adalah AB. Panjang AB = OA +OB. Dapat disimpulkan panjang diameter lingkaran sama dengan dua kali panjang jari-jari lingkaran, ditulis d=2r atau r = ½ × d.

Perhatikan gambar berikut ini!

Berapa panjang jari-jari lingkaran pada gambar tersebut.
Jawaban:
Panjang diameter (d) lingkaran = 18 cm
Maka,
Jari-jari (r) = ½ × d = ½ × 18 = 9 cm
Jadi, panjang jari-jari lingkaran adalah 9 cm.

Bagaimana dengan busur, tali busur, tembereng dan juring ? Berikut penjelasan singkatnya.
Perhatikan gambar berikut ini

Materi Matematika Kelas 6

Busur lingkaran adalah garis lengkung yang merupakan bagian dari sebuah lingkaran. Pada lingkaran O, garis lengkung AB, garis lengkung BC dan garis lengkung AC merupakan busur lingkaran O.
Tali busur lingkaran adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Tali busur tidak melalui titik pusat lingkaran. AC merupakan tali busur lingkaran O.
Tembereng adalah daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur lingkaran. Pada lingkaran O, tembereng ditunjukkan oleh daerah yang dibatasi oleh busur AC dan tali busur AC.
Juring lingkaran adalah daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan sebuah busur. Pada lingkaran O, juring ditunjukkan oleh daerah yang dibatasi oleh jari-jari OC dan jari-jari OB serta busur BC, dinamakan juring BOC.

Pelajari Juga : Soal Unsur Unsur Lingkaran Kelas 6 dan Jawaban

Keliling dan Luas Lingkaran
Setelah kita membahas unsur-unsur yang terdapat pada lingkaran, selanjutnya kita akan membahas keliling dan luas lingkaran.
Apa itu keliling lingkaran ?
Keliling lingkaran adalah jarak dari suatu titik pada lingkaran dalam satu putaran hingga kembali ke titik semula. Menghitung keliling sama seperti menghitung seluruh tepian suatu lingkaran. Secara konsep bahwa keliling lingkaran merupakan penjumlahan dari seluruh panjang sisi.
Untuk menghitung keliling lingkaran, Gengs dapat menggunakan dua cara yaitu jika diketahui jari-jari atau jika diketahui diameter.
Berikut rumus yang digunakan menghitung keliling lingkaran.
K = 2 × π × r [jika diketahui jari-jari]
K = π × d [jika diketahui diameter]
Keterangan:
K = keliling lingkaran
π= pi (bernilai 22/7 atau 3,14)
r = jari-jari lingkaran
d = diameter lingkaran


CONTOH
Sebuah jam dinding memiliki permukaan berbentuk lingkaran. Keliling permukaan jam dinding tersebut 88 cm. berapa panjang jari-jari jam dinding tersebut? (gunakan π=22/7)
Jawaban:
Diketahui:
Keliling lingkaran = 88
Ditanya:
Jari-jari (r) = … ?
Penyelesaian:
Untuk menjawab soal ini kita pilih saja salah satu rumus yang mau kita gunakan. Misalkan pada soal ini saya menggunakan K = 2 × π × r maka:

K = 2 × π × r
88 = 2 x 22/7 x r
88 = 44/7 x r
616 = 44 x r
r= 616/44 = 14
Jadi, panjang jari-jari jam dinding tersebut adalah 14 cm.

Apa itu luas lingkaran ?
Luas lingkaran merupakan luas daerah yang dibatasi oleh keliling lingkaran. Luas lingkaran dapat dihitung menggunakan rumus umum luas lingkaran.
Luas lingkaran dinyatakan dengan rumus berikut:
L = π × r²
Karena diameter lingkaran adalah dua kali jari-jari lingkaran, maka dapat diperoleh juga rumus luas lingkaran sebagai berikut:
L = ¼ × π×d²
Keterangan:
L = luas lingkaran
π= pi (dengan nilai 22/7 atau 3,14)
r = jari jari
d = diameter

CONTOH
Tentukan luas lingkaran yang diameternya 10 cm (gunakan π=3,14)
Jawab:
Diketahui:
Diameter = d = 10
Ditanya:
Luas lingkaran = …?
L = ¼ × π×d²
L = ¼ × 3,14 × 10²
=¼ × 3,14 × 100
=¼ × 314 = 78,5
Jadi, luas lingkaran yang diameternya 10 cm adalah 78,5 cm².

Pelajari Juga : Soal Matematika Kelas 6 Tentang Lingkaran

Demikian “Materi Matematika Kelas 6 Tentang Lingkaran“. Semoga bermanfaat.

sheetmath

Tinggalkan Balasan

Kembali ke atas